Proses pewarnaan alami Batik Arta Kencana Pemalang - Batik Pemalang

Batik Pemalang memiliki kualitas bagus, tapi daya jual produk tersebut masih kalah dengan daerah lain. Ada beberapa penyebab, di antaranya motif batik relatif monoton atau tidak berkembang, serta harganya lebih mahal. Tetapi untuk batik arta kencana Pemalang beda. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal dan terjangkau untuk umum serta memiliki corak yang beragam.

Kemunculan produk batik warna alam yang dibuat oleh batik arca kencana Pemalang mampu memberi warna tersendiri bagi industri batik di Pemalang. Batik warna alam dibuat dengan pewarnaan ramah lingkungan, dengan menggunakan bahan antara lain kayu dan akar.

Batik warna alami memiliki sejumlah keunggulan dari pewarnaan sintetis. Hanya, produk alami belum banyak dikembangkan di Pemalang tetapi untuk batik arta kencana Pemalang sudah banyak produknya untuk model batik yang pewarnaan alami. Untuk membuat batik alami memang cukup sulit, terutama dalam pewarnaan dibutuhkan beberapa kali proses celup dan jemur. Dari sini diperoleh warna yang sangat berbeda daripada warna sintetis.

Batik Arta Kencana  Pemalang,
Perumahan Taman Asri Blok B2 No 2 Taman Pemalang 52361, 
Telp (0284)3280239, 082133339110

Proses pewarnaan alami Batik Arta Kencana Pemalang
Proses Mordan Kain.
 
Proses pewarnaan alami Batik Arta Kencana Pemalang
Tawas sbg Pengunci.

Proses pewarnaan alami Batik Arta Kencana Pemalang
Biksa u Pewarna Alami.
Pembuatan Larutan Ekstrak dg cara di masak.
Larutan Ekstrak dari kayu tingi untuk pewarna.

Larutan Indigo untuk pewarna Alam.

Proses Pencelupan Warna Alam (Indigo)

Proses Penjemuran Warna Alam.

0 komentar:

Posting Komentar